Mudahnya Mengurus ICV Tanpa Antre

Kartu Kuning Meningitis


Jadi, schedule saya ke kota Pahlawan kali ini ada kaitannya dengan rencana perjalanan ibadah.

Setibanya di Surabaya saya langsung memesan taksi menuju tempat tinggal orang tua dan istirahat.  Penat setelah perjalanan panjang dua hari satu malam - Dari Bieureun - Medan dengan bus Sempati Malam. 

Kesokan harinya, kami menuju Kantor Kesehatan Pelabuhan yang berada di kawasan pelabuhan Perak. Alamat lengkapnya di Jl. Perak Timur No. 514-516, Perak, Surabaya. 60165

Mengantongi Kartu Kuning Meningitis atau ICV (International Certificate of Vaccination) adalah salah satu perkara wajib yang disyaratkan pemerintah untuk jamaah  Umroh atau Haji.


Mengapa Jamaah Umroh/Haji Perlu Meningitis ?

Meningitis adalah suatu infeksi yang menyebabkan peradangan pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Endemik ini dapat ditemukan di  beberapa bagian di dunia, salah satunya di Arab Saudi.

Fyi ajah nih guys, Suntik Meningitis bukanlah suntik anti Meningitis. Ini adalah bentuk vaksinasi artinya tubuh kita akan diinjeksi bakteri yang telah dilemahkan. Tubuh lalu membentuk antibody terhadap bakteri tersebut.

Dokumen yang diperlukan

  1. Salinan halaman depan passport 


Cara Mengurus ICV
Pembaca yang budiman, untuk mndapatkan suntik meningitis bisa datang langsung ke Kantor Kesehatan setempat atau rumah sakit yang melayani.

Isi formulir yang telah disediakan. Ada dua lembar kertas berukuran kecil yang harus dilengkapi. Di KKP Cengkareng hanya mengisi selembar formulir berukuran kertas folio.

Oiya, Pastikan Anda masih memenuhi quota harian Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat. KKP kota Surabaya melayani sekitar 150-200 orang setiap hari.

Setelah lengkap kembalikan formulir bersama salinan passport kepada petugas untuk validasi dan nama Anda akan dipanggil untuk tindakan suntik oleh dokter. 








Berapa Biaya Suntik Meningitis
Tindakan ini dikenakan biaya sebesar 305 ribu rupiah/ orang.


Setelah suntik, kami  mengantongi ICV card. Masa berlaku kartu kuning adalah dua tahun.

Saat pengurusan kartu kuning, jadwal berkunjung saya adalah setelah makan siang. Agak sepi sih dibanding datang pada pagi hari... ruaaaaammenya.

Teman-teman pernah mengurus suntik meningitis di dearah mana, ditunggu ceritanya di kolom komentar.


Terima kasih

Labels: