Berapa Biaya Travelling ke Jepang ala "Flashpacker"? Ini Hitungannya



Jepang mungkin bukan satu-satunya negara dengan biaya hidup termahal di planet ini, kenyataannya memang mahal Sist. 

Bandingkan saja dengan tetangganya, Korea Selatan. Biaya transportasi umum di Jepang tiga kali lipat meeennnn. Akomodasi ? hhmm jangan diragukan lagi, bujet untuk sekedar meluruskan punggung sekelas kapsul hotel ajah, gilingan harganya. 

Entah kenapa, kebanyakan orang ingin berkunjung ke Negeri Matahari Terbit. Walaupun sudah tekenal dengan living cost yang fantastiko! 

Nah akun apah saja yang harus disiapkan bujetnya sebelum melihat dengan mata kepala sendiri Gunung Fuji yang kerucutnya sangat proposional - berikut bocorannya



1. Passport
Anggap saja, perjalanan ke Jepang ini "pecah telor" bagi passport yang fresh from the oven.. Sehingga bujet untuk pembuatan passport saya masukan dalam perhitungan biaya perjalanan ke Jepang. 



2.  Visa

Tak perlu repot mengeluarkan isi dompet, jika traveler memegang Electronic Passport - cukup datang ke Kedutaan Jepang untuk mendapatkan stempel waiver visa.. You're free to go

Eits.. tunggu dulu. Masa berlaku waiver ini hanya sekitar empat belas hari saja. Dan tidak dapat digunakan sebagai visa terusan ke Korea Selatan. 

Berkunjung ke Korea Selatan dari Jepang memang tidak memerlukan Visa Korea, jika traveler memegang Visa Jepang (Bukan Weiver)


3. Tiket Pesawat
Nah, alokasi biaya tiket memang tidak sedikit, namu bisa diakali dengan berburu tiket murmer pada event travel fair - sebagai contoh travel mate saya dapat tiket PP Jakarta - Haneda - Jakarta di harga 4.5jt pada saat Garuda Travel Fair 2016. 

ET terbang Jepang,dengan maskapai apah ? 

Pilihan saya jatuh pada ANA (All Nippon Airlines) - harga tiket dengan full services saat itu di angka empat juta delapan ratus ribu sekian rupiah...  Little birdy told me to purchase an air flight di Travelrack !!!







4. Akomodasi
Akomodasi tergolong mahal di Jepang. Sebelum keberangkan, siapkan bookingan tempat peristirahatan anda setelah seharian berkeliling; saat itu saya dan teman mencoba berbagai macam situs hotel -www.booking.com airbnb dll


11,340 Yen untuk hotel 2 malam di kota Hiroshima. 

Anggap saja, 5,670 Yen per Malam, berlaku di seluruh kota yang kami singgahi.... kurang lebih sama sih. Ga percaya ? heheh terserah pemirsah. 

Lalu biaya hotel tersebut dibagi 2; saya dan travel mate saya. Ketemulah angka 2,835 Yen per orang per malam. 





5. JR Pass
Mengunjungi Jepang lebih seru menggunakan JR-Pass - bagi saya ini merupakan pengalaman baru. Istimewanya saat merasakan deg-deg ser lewat terowongan bawah laut "Seikan". 

Dengan JR-Pass saya leluasa berkelana dari pulau selatan hingga ke ujung pulau utara di Negeri Sakura ini. 

Just so you know; Pass ini tidak mengcover kereta Nozomi yahh. Nozomi adalah kereta dengan kecepatan supersonic paling tinggi di antara jenis Shinkansen. 

JR Pass hanya bisa dibeli di Luar Jepang, jangan lupa untuk mengaktifkan jika ingin digunakan. Di stasiun Shinjuku, JR Pass kami aktifkan.   



6. Transportasi di Jepang
Jepang terkenal dengan sistem transportasi paling maju dan canggih di Dunia. Setiap wilayahnya terkoneksi dengan transportasi umum secara baik, aman dan tentunya sangat nyaman bagi warga lokal dan wisatawan mancanegara.

Perhatikan dengan seksama di kota yang traveller singgahi -  ada Pass yang berlaku 24 jam yang lebih menguntungkan kita. Namun di beberapa kota, pass ini hanya dapat digunakan selama 12jam saja. 

Contohnya di Tokyo, kartu subway yang saya beli dari bandara berlaku untuk 3hari. Setelah berpindah kota di Sapporo, Kyoto dan Osaka, pass yang berlaku di sana hanya 12 jam... 



Becak yang di hutan Bambu 


7. Tiket wisata Berbayar
Alokasi biaya yang harus dipersiapakan adalah tiket wisata berbayar, walaupun ada banyak tempat yang layak dikunjungi tanpa mengeluarkan dana. 

Saya Pecinta sejarah. Alasan inilah yang membawa saya ke Pulau Hasima atau Gunkanjima yang terletak di  bagian Selatan Jepang dan mengunjungi Gunung Fuji yang tersohor itu.  

Walau harus merogoh kocek yang tidak sedikit, saya bersyukur masih bisa diberi kesempatan untuk melihat Maha Karya Sang Kuasa

Pulau tak bertuan, Gunkanjima



8. Budaya 
Loh koq budaya juga masuk hitungan anggaran sih? 

Jawabnya iya dong, kalian pastinya ingin difoto keceh  dengan kimono lengkap dengan dandanan ala geisha itu kan? 

Menurut ngana itu gratis? ada biaya sekitar 400 hingga 600rb rupiah untuk penyewaan kimono, make-up plus hair do





9. Kuliner
Jepang terkenal dengan makanannya yang "aneh". 

Justru yang aneh itu sering kali diburu orang. Mungkin karena rasa penasaran lantas ingin mencoba sansasi cita rasa dari yang "aneh" itu. 

Satu lagi, semua packaging makanan di Jepang sangat apik dan nyeni banget man!. Walau sekelas Sevel (7-11), semuanya sangat menarik.  Butuh sekitar seribu yen plus plus untuk sekotak bento yang uaapiikkk tenan.

Anggaran makan 3x sehari plus ngemil di Jepang - 1,500Yen



10. ITE a.k.a Telekomunikasi
Jangan berharap wifi gratis seliweran di Jepang ya gaes, even itu di Narita atau Haneda. Jika kalian kalian ingin terkoneksi dengan  internet dan setiap saat up date status di media sosial - it's going to cost you a lot... like a lot.

Kalian bisa mendapatkan akses internet dengan provider dari Indonesia atau menyewa modem local provider saat di Jepang. Kami memilih opsi kedua - sebelum keberangkatan, applikasi penyewaan modem dan pembayarannya kami selesaikan lewat online. Pengambilan fisik bisa di mana saja (lihat aturan main masing-masing provider). Biaya sewa selama 10 hari dalam rupiah adalah Rp. 900,000. 

Dari sedikit sharingan saya di atas, yuk berhitung bujet ke Jepang ala flaspacker dengan durasi sepuluh hari, termasuk masa perjalanan. Kurs Yen saat itu adalah 1Yen = Rp. 120


Teman-teman hitung sendiri yahh total pengeluaran di bawah ini
  1. Passport - Rp 300,000 untuk passport biasa dan Rp. 600,000 untuk passport elektronik 
  2. Visa - Rp. 600,000 (jasa travel agent)
  3. Tiket Pesawat - Promo ANA Jakarta - Narita - Jakarta Rp. 4,850,000
  4. Akomodasi - 2,835 Yen X 9 hari = 25,515 Yen
  5. JR Pass 7days : Rp. 3,300,000 + Tiket Nozomi Osaka - Narita Airport - 16,180 Yen
  6. Transportasi lokal - (Bus, subway pass dan tram) 6,000 Yen
  7. Tiket wisata berbayar - Hakone Pass 5,120Yen + Pulau Hantu 4,300 Yen = 9,420 Yen
  8. Sewa Kimono - Rp. 400,000 per orang termasuk make-up
  9. Meals - 1,500Yen X 10hari = 15,000 Yen
  10. Sewa modem Rp. 450,000 (Rp 900,000/2orang)  


Semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan terima kasih telah mampir. Jangan ragu jika ada yang ingin ditanyakan atau mau berkomentar, monggo.... 





Labels: ,